Apa komentar media India soal All New Yamaha V-ixion?

By | November 8, 2012

Hari ini (8 November 2012) media online India motorbeam menulis artikel soal kemungkinan memboyong All New V-ixion ke tanah Hindustan. Sangat menarik apa yang di ulas dan tanggapannya terhadap sosok V-xion. Ngomongin soal V-xion buat orang India tentu langsung kepikiran Yamaha R 15 yang memiliki spesifikasi paling dekat dengan V-ixion.

Yang diulas pertama adalah soal perbedaan antara R 15 dengan V-ixion. Ini menarik karena sebenarnya secara umum memang banyak kesamaan diantara keduanya seperti basis mesin single silinder, frame sama, suspensi belakang sama2 mono shock dan karakter berkendara juga sama. Tapi antara R 15 dan V-ixion ternyata memiliki hasil yang berbeda.

Pertama soal power, R 15 lebih bertenaga ketimbang V-ixion, kalo V-ixion power dan torsinya 15 ps dan 13.10 nm sementara R 15 17 ps dan 15 nm.  Penyebab utama perbedaan tersebut adalah kondisi bahan bakar India dan Indonesia. Di Indonesia kemungkinan menyunat kompresi mesin supaya bisa minum premium sehingga mengorbankan power.

Kedua, R 15 sudah menggunakan transmisi 6 kecepatan sementara V-ixion masih 5 kecepatan. Ketiga, Ukuran 120/70 pada ban V-xion yang dianggap cukup lebar di Indonesia ternyata masih kalah dengan punya R 15. Terakhir soal bobot, hanya inilah keunggulan V-ixion yang lebih ringan dari R 15 dengan berat 125 kg. Bisa dimaklumi karena R 15 sudah menggunakan full fairing dengan twin headlamp di kepala.

Dari spesifikasi diatas jelas kalo R 15 sangat superior ketimbang V-ixion, jadi tidak ada hal yang menarik dari V-ixion yang bisa ditonjolkan di pasar India selain desain yang berbeda. Nah kalo soal desain Yamaha India sudah punya FZ-S yang memiliki karakter naked bike lebih kuat dari V-ixion.

Apalagi kalo ngomongin soal harga. V-ixion di Indonesia dihargai dengan mata uang India nilainya Rs. 1.21 lakhs sementara R 15 yang banyak plusnya dijual lebih murah Rs. 1.20 lakhs. Di India sendiri R 15 dikenal dengan motor dengan bandrol yang cukup mahal karena Pulsar 200 NS saja cuma berharga Rs. 99,200 yang saat ini dianggap sebagai motor dengan value for money paling tinggi.

Apalagi kalo mau dibandingkan dengan KTM duke 200 Yamaha V-xion harga terlihat jomplang. Duke 200 di India dibandrol cuma Rs 1.17 lakhs. Mosok di India V-xion di jual diatas harga Duke 200, ya gak bakalan laku-lah atau bahasa sininya over price. Kecuali kalo Yamaha India mau menjual V-ixion lebih murah dari Yamaha Indonesia. Harga yang pantas untuk V-ixion menurut motorbeam sekitar Rs 1 lakhs. Kalo harganya ditaruh segitu  ada kemungkinan V-ixion bisa diterima oleh pasar India.

Sebelum masbro berkomentar, Komentar dari saya pendek saja, “kasihan ya konsumen Indonesia yang dipaksa membeli motor lebih mahal dari India”

monggo….

 

 


9 Comments

Vioner on November 8, 2012 at 1:20 pm.

Ternyata memang operpret

Reply

yudha depp on November 8, 2012 at 2:49 pm.

membaca artikel di atas petinggi yamaha Indonesia semakin bernafas
lega karena »»»»
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/petinggi-yamaha-akhirnya-bernafas-lega.html?m=0

Reply

Little Goku on November 8, 2012 at 3:18 pm.

itulah yg namanya beda pasar…

Reply

Leopold S on November 12, 2012 at 7:48 pm.

hahaha ekornya itu ngomporin tapi bener habis …

Reply

joko on November 13, 2012 at 10:45 pm.

gak bisa langsung menyamakan harga begitu saja..
banyak variabelnya, kenapa vixion jadi mahal? itu karena biaya produksi juga lebih mahal di Indonesia,
sedangkan di India biaya produksinya lebih murah, itulah mengapa harga motor2 apapun juga lebih murah yg dibikin di India.
jadi bukan masalah overpricenya, tapi tetap kembali pada variabel biaya produksi yg berbeda di kedua negara.

Reply

Nu Vixy CungkrinX dan KoponX on November 14, 2012 at 12:46 am.

ngeruk untungnya gak kira2 yamahmud

Reply

pr on November 14, 2012 at 12:49 am.

smg motor sport yg baru2 gak kemahalan

Reply

Novian Agung on November 14, 2012 at 3:02 am.

Karena di Indonesia, apapun kena pajak…. Hidup Indonesia! :lol:

Reply

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>