Bagaimana kalo Yamaha bikin mobil ? : Yamaha Motiv – A

By | November 22, 2013

Yamaha_motiv

Di Indonesia kita mengenal ada pabrikan otomotif yang hanya membuat mobil seperti Toyota dan Mazda, atau membuat mobil dan motor seperti Honda dan Suzuki atau hanya membuat motor seperti Yamaha dan Kawasaki. Bagaimana jadinya kalo pabrikan spesialis motor membuat mobil?

Hasilnya bisa dicontohkan seperti Yamaha Motiv-A Car. Desain yang dihasilkan tidak kalah dengan pabrikan campuran atau pabrikan tulen. Motiv-A ini merupakan mobil kompak yang berkapasitas hanya 2 orang saja. Modelnya mirip sama pabrikan jerman Smart. Lucu dan imut….

Motiv terinsiprasi dari model yang dihasilkan Gordon Murray Design dengan mobil konsep T25 dan T27. Bukan itu saja, proses perakitannya juga mengandalkan fasilitas Murray’s iStream. Target utama mobil ini adalah pasar Eropa.

Yamaha akan memproduksi Motiv dalam dua versi yakni konvensional pake BBMn dan listrik. Mobil konsep ini telah ditampilkan Yamaha dalam ajang Tokyo Motor Show.

motiv_interior-633x422

Metode perakitan yang dilakukan Murray’s iStream ini juga lain dari pabrikan mobil umumnya. Perakitan disederhanakan dimana komponen utama seperti kabel, rem, suspensi dipasang dulu sebelum panel bodi dipasang.

Body mobil dibuat dari bahan khusus semacam plastik supaya lebih ringan dan mudah diganti. Dengan cara ini diklaim bobotnya susut hingga 220 kilo. Untuk proses selanjutnya Gordon Murray Design menyerahkan pada Yamaha karena memang mobil itu milik Yamaha.

istream-633x447

Buat Yamaha Motiv-A bukan mobil konsep pertama. Dulu Yamaha pernah memproduksi OX00-11 pada awal 90’an dan R-Car. Sayang kedua mobil konsep tersebut tidak pernah sampai pada proses produksi.

sumber & gambar : blog.motorcycle.com

 


Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>