Lit C-1, mobil atau motor?

By | June 15, 2012

Lit C-1 digambarkan sebagai kendaraan hybrid karena mengkombinasikan sepeda motor dengan mobil. Sejatinya C-1 Lit adalah sepeda motor listrik dengan swa-penyeimbang (self-balancing) mengunakan giroskopik yang dikontrol secara elektronik dengan mekanisme berbasis roda gila (flywheel) mirip dengan teknologi yang digunakan oleh Segway dan skuter Honda UNI-Cub.

Diperkenalkan pertama kali awal Januari 2012 dalam sebuah tulisan gizmag.com. Waktu itu bentuknya masih berupa mokap” (model 1:1 ). Selanjutnya awal Juni ini, kembali gizmag.com melihat perkembangannya, hasil sudah banyak perubahan dan hebatnya sudah bisa dipakai di jalan.

Jika sebelumnya bodi C-1 dibuat dari kaca serat (fiber glass), kini sudah menggunakan baja yang dikerjakan dengan tangan. Saking percaya dirinya sang perancang Daniel Kim sudah membuka pre-order bagi peminat kendaraan unik ini. Padahal produksi rencananya baru dimulai akhir  2013.
Hebatnya motor ini telah menerapkan teknologi yang di gunakan di F1 yaitu KERS (kinetic energy recovery system) dan dengan teknologi giroskopik sepeda motor ini tetap bisa berdiri seperti mobil ketika berhenti atau ditabrak dari samping sekalipun. Enaknya lagi motor ini sudah menyediakan koneksi internet.
Untuk kenyamanan sepeda motor ini dilengkapi atap plus setir seperti layaknya sebuah mobil. Dilengkapi baterai 8-10 kilowatt dengan motor listrik yang dipasang pada kedua sumbu roda kendaraan ini mampu meraih kecepatan maksimum 210 km/jam dan jarak tempuh untuk sekali isi sekitar 322 km (tergantung kapasitas baterai).
Sesuai dengan kemampuannya, motor mobil ini dibandrol dengan harga yang relatif mahal  16.000 dolar atau Rp 151,7 juta jika sudah diproduksi secara masal.
[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=O1aAmWim838&wacht_response]

4 Comments

Aa Ikhwan on June 15, 2012 at 7:01 am.

ajib,..kendaraan futuristik..tetep disebut motor kali ya 😀

Reply

Bambang on June 15, 2012 at 9:02 am.

indent 1 ah. penasaran. gimana caranya?

Reply

bachin on June 28, 2012 at 3:51 am.

Mahal bangeeet.. tapi memang keren. Coba ada motor yang seperti ini murah.. Tapi pakai Spacy putih gak kalah keren kuk. Di tunggu Honda keluarin kayak gini tapi harganya sedikit miring..

Reply

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>