Mengenal istilah dalam dimensi mobil

By | November 13, 2014

bmw_m3_sedan_e36-17515

Setiap membaca artikel soal mobil seringkali kita menjumpai berbagai istilah untuk menggambarkan dimensi sebuah mobil. Istilah tersebut buat orang awam kadang agak membingungkan.

Nah untuk membantu kalian yang masih awam soal dimensi sebuah mobil yuk kita bersama sama belajar mengenalinya lebih dekat. Sebagai model untuk belajar kita, saya mengambil dimensi mobil sedan BMW seri 323i AT versi tahun 1997.

Pertama yang sering disebut dalam dimensi adalah panjang lebar dan tinggi (PxLxT). Satuan yang umum digunakan adalah milimeter. Sekedar mengingat ingat 1 meter = 100 cm = 1000 mm. Ini penting untuk membayangkan wujud sebenarnya dalam benak kita.

Panjang yang dimaksud untuk  BMW seri 323i AT adalah angka yang berada dipaling bawah 4433 mm. Untuk lebar kita lihat gambar kiri atas pada yang bawah 1698 mm (spion tidak dihitung) dan tinggi ada pada gambar atas kiri samping kanan 1365 mm.

Jadi ukuran dimensi mobil BMW seri 323i AT adalah 4433 x 1698 x 1365. Kemudian yang disebut sebagai wheelbase atau jarak poros roda bisa kita lihat pada gambar bawah angka yang diatas panjang mobil 2710 mm.

Kalo ada istilah Tread atau Jarak Pijak adalah angka yang ada pada gambar kiri atas, angka yang diatas lebar mobil 1422 mm. Biasanya jarak pijak antara roda depan dan belakang sebuah mobil ada yang sama dan ada yang tidak sama. Makanya Jarak Pijak ada yang depan dan belakang.

Terakhir soal ground clearance/clearance Height atau Jarak Terendah ke Tanah. Sayang pada gambar diatas tidak disebutin angkanya. Kalo ada kekurangannya ayo kita diskusikan bersama sama.

sumber : serayamotor.com

gambar : kaskus.co.id

 


Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>