Mobil listrik : Enfield 8000 1975, modifikasi vs Tesla S P85D 2015

By | January 14, 2017

Tesla dikenal sebagai pabrikan mobil listrik paling kondang di dunia. Kemajuan teknologi baterai mampu menjalankan mobil semakin jauh dan teknologi supercharger milik Tesla yang mampu mempendek waktu pengisian bateria membuat mobil listrik semakin dilirik orang.

Soal kecepatan mobil listrik juga tidak bisa dianggap remeh. Sebut saja salah satu produk Tesla yang sudah beredar dipasaran seri S P85D dikenal sangat kencang dijalanan. Akselerasinya begitu mempesona. Untuk berakselerasi dari 0 hingga 60 km/jam hanya membutuhkan waktu 3,2 detik saja. Kemampuan ini diperoleh dari motor yang dipasang di 4 roda dengan kekuatan 691 hp.

Ternyata kehebatan Tesla S ini berhasil ditaklukkan oleh mobil listrik jadul tahun 1975, Enfield 8000. Tentu saja tidak mungkin mobil listrik yang diproduksi saat krisis miyak pada tahun 70an di Inggris ini dalam kondisi standar.

Aslinya Enfield 8000, hanya memiliki tenaga 8hp dan hanya bisa dipacu mentok di 64km/jam. Mbahnya mobil listrik ini direstorasi ulang dengan mengganti semua jeroannya. Dipasang motor baru berkekuatan 600Kw yang mampu menghasilkan tenaga hingga 2000 ampere atau lebih dari 1000 bhp. Untuk bisa menjalankan motor bertenaga besar Enfield 8000 dipasang baterai lithium sebanyak 144 cell punya heli militer Bell Super Cobra.

Hasilnya sungguh luarbiasa. Mobil yang diberi nama Flux Capacitor ini mampu menaklukkan Tesla diarena drag race. Aselerasinya sungguh sungguh mengagumkan untuk mencapai kecepatan 181km/jam hanya dibutuhkan waktu 6 detik saja. Sadiss masbro……

Mobil yang pernah menjadi tertawaan warga Inggris kala itu telah bangkit lagi menjadi mobil listrik paling kencang saat ini.

sumber : chromjuwelen.comcaranddriver.com


Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>