Mobil otonom : pabrikan mobil vs perusahaan digital

By | January 15, 2017

Disrupsi bisnis nampaknya mulai menerpa industri otomotif. Berpijak dari industri lain disrupsi bisnis telah menjatuhkan banyak perusahaan besar akibat tidak waspada atau percaya diri menghadapi perubahan jaman.

Contoh nyata itu bisa dilihat misalnya dari kebangrutan banyak koran yang terlibas oleh digital media, kemudian bagaimana industri transportasi mulai dari ojek sampai taxi berjuang menahan gempuran uber, gojek dkk.

Yang ditakutkan industri otomotif bukanlah kehadiran mobil listrik seperti yang lakukan oleh Tesla, lebih jauh dan lebih gawat dari itu bagaimana pabrikan otomotif membendung serbuan perusahaan digital yang mencoba menggagas mobil otonom.

Pabrikan otomotif tidak mau didikte oleh perusahaan digital seperti google dan apple. Dua pemain besar otomotif dunia Toyota dan Ford bersatu untuk menjegal Google dan Apple dengan membuat perusahaan aplikasi mobil pintar dengan nama Smart Device Link Corporation. Bahkan mereka juga menggandeng perusahaan otomotif lain seperti Mazda, PSA, Fuji Heavy Industry dan Suzuki untuk bergabung. Sementara Honda tengah mempertimbangkan untuk bergabung dengan konsorsium.

Perusahaan baru bentukan pabrikan otomotif diharapkan dapat menghasilkan aplikasi yang menghubungkan smartphone dengan mobil pintar. Sebelum terbentuknya konsorsium Toyota menolak ajakan untuk menggunakan Carplay racikan Apple dan Android Auto bikinan Google dengan alasan akan mengurangi standar keselamatan dan keamanan mobil pintar.

Smart Device Link Corporation akan membuat aplikasi berbasis OS terbuka yang bisa digunakan seluruh smartphone. Untuk itu Smart Device Link Corporation juga menggandeng Electrobit Automotive GmbH, Luxoft Holding Inc dan Xeco Inc untuk mengembangkan aplikasi tersebut.

 

 

 

 


Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>