Vespa 946 2013, klasik dan futuristik

By | November 10, 2012

Vespa jaman dulu pernah berjaya di Indonesia ketika generasi ABG (Angkatan Babe Gue) masih muda. Bahkan jejak jejak fenomenalnya masih jelas terlihat sampai sekarang dengan maraknya klub2 vespa yang sering disebut scooter. Di negara asalnya Vespa terus melahirkan inovasi baru dengan tetap mempertahankan desain khasnya.

Vespa 946 misalnya, walaupun tetap mempertahankan kesan klasik, Vespa berhasil memasukkan unsur futuristik di dalamnya. Desainnya terlihat simpel dan rapi. Konsep tersebut pada awalnya oleh Vespa disebutĀ Vespa Quarantasei concept. Pada akhirnya setelah melalui proses panjang dan masukan dari berbagai pihak dalam pemasaran disebut sebagai Vespa 946.

Motor ini menurut rencana akan menjadi salah satu kejutan dari Vespa untuk ajang EICMA 2012. Penggunakan angka 946 bukan tanpa makna. Karena kesan klasik yang dimunculkan terinspirasi dari modelĀ 1946 Vespa MP6 prototype. Untuk model ini vespa meninggalakan bahan baja dan menggantinya dengan aluminium yang memiliki bobot lebih ringan sehingga akan meningkatkan efesiensi bahan bakar.

1946 Vespa MP6 prototype

Mesin yang digunakan berkubikasi 125 cc dengan silinder tunggal pendingin udara. Piaggio yang merupakan induk Vespa mengklaim tenaga yang dihasilkan sebesar 11.7 hp @ 8250 rpm dan torsi 7.6 ft-lb.@ 7000 rpm. Yang unik dari mesin ini adalah penggunaan 3 katup yang mampu memberikan efesiensi bahan bakar hingga 30%.

Untuk informasi lebih lengkap kita tunggu kemunculannya minggu depan di EICMA 2012.

 


1 Comment

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>